Baksos

Share Button

Update 2
29 Juni 2013, 10.00 wita

Kalau tidak ada halangan, Insya Allah, kita akan mengadakan bakti sosial sunatan massal di Gedung olahraga Kostrad, Kariango, Maros.

Jumlah pasien yang ditargetkan oleh tim Kostrad adalah 100 orang. Jadi secara hitung-hitungan rata- rata 1 tenaga medis diharapkan melakukan sirkumsisi sebanyak 5 orang. Kalau bisa mengerjakan lebih banyak akan lebih baik.

Tolong bagi tenaga medis berkumpul di titik kumpul yang sudah ditentukan maksimal jam 7 pagi. Titik kumpulnya adalah di Apotek Wahdah Farma 3/BETEPE medical Centre dengan alamat Perumahan BTP Blok M No. 16c, Makassar. Telpon 0411-4774425 atau 08111774435

Dari titik kumpul ini, akan ada beberapa mobil yang akan membawa tenaga medis ke TKP di Kariango, Maros.

Di TKP nanti akan disediakan asisten yang merupakan mahasiswa sekolah perawat tentara.

Berikut beberapa hal penting yang perlu diperhatikan :
1. Jangan lupa sarapan dulu sebelum berangkat ke titik kumpul agar rasa lapar tidak mengganggu proses tindakan medis. Di TKP nanti akan disediakan snack dan makan siang.

2. Tolong waspadai betul, jangan sampai terjadi perdarahan pasca sunat dengan mengikat baik2 pembuluh darah yang terluka terutama di daerah frenulum.

3. Jangan memakai jarum bekas dari pasien sebelumnya untuk menghindari penyebaran virus HIV, hepatitis B, atau virus lain. Jumlah jarum yang disediakan akan cukup dengan jumlah pasien.

4. Akan disediakan tempat sampah buat jarum bekas dan jarum spoit agar tidak membahayakan orang lain.

5. Pasien yang disunat akan membawa kartu kontrol. Jangan lupa bawa pulpen dari rumah. Dan jangan lupa menuliskan nama Anda sebagai operator sunat di kartu kontrol tersebut karena dari situlah honor tenaga medis yaitu Rp 50.000/ pasien akan di hitung.

6. Ini adalah kegiatan amal. Jadi sedapat mungkin dimurnikan niatnya untuk ibadah/ amal. Anggaplah honor yang nanti diterima adalah bonus saja. Percaya deh. Dengan meniatkan amal, motivasi akan lebih kuat.

7. Bagi yang memiliki alat minor set sendiri di rumah, dimohon sekali membawa alatnya ke TKP, karena jumlah alat medis yang tersedia sangat terbatas

8. Setelah alat medis dipakai, mohon jangan dicuci pakai alkohol untuk dipakai lagi ke pasien berikutnya. Sudah disediakan bagian cuci alat. Instruksikan asisten anda untuk membawa alat medis kotor ke tempat cuci alat untuk dicuci dan direndam klorin 10-20 menit. Walaupun ini baksos, kita berusaha untuk memberikan pelayanan yang sebaik mungkin kepada pasien.

9. Dimohon sekali agar sangat berhati-hati melakukan sirkumsisi agar ‘masa depan’ anak tersebut aman-aman saja. Jangan sampai terjadi kasus berat spt amputasi penis dan lain-lain.

10. Di meja anda nanti akan tersedia:
- 1 alat medis yang terdiri atas : 1 gunting jaringan, 1 pinset anatomis, 2 klem lurus, 1 needle holder
- 1 tempat betadin
- 5-6 jarum hecting
- 5-6 helai benang catgut
- 1 tempat jarum bekas
- 5-6 set bahan habis pakai yang terdiri atas : 1 spoit 3 cc, 1ampul lidokain, 10 lbr kasa, 2 pasang handskun, 1 plester hipafix.
- 1 botol alkohol 100 ml (utk 5-6 pasien)
- 1 botol betadin 150 ml ( utk 5-6 pasien)

11. Disediakan meja emergensi yang berisi epinefrin dan set infus. Jadi kalau ada apa-apa, bisa ambil obatnya disini.

Thanks atas kerjasamanya teman- teman.

**********
Update 1
Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas keinginan para teman sejawat untuk berpartisipasi di baksos sunatan massal ini.

Baksos ini dilaksanakan atas kerjasama Yayasan Kalla dengan BETEPE Medika. Kegiatan baksos sunatan massal adalah agenda rutin dari Yayasan Kalla setiap tahun untuk membantu anak-anak tidak mampu di Sulawesi Selatan.

Baksos kali ini, insya Allah, dilaksanakan di Kariango, Maros. Tempatnya Kostrad. Rencananya dilaksanakan pada tanggal 30 Juni 2013, ahad.

Jumlah tenaga medis sampai saat ini sudah mencapai 20 tenaga medis. Thanks for all of you.

Rencananya, jumlah pasien ditargetkan 100 orang. Mereka (kostrad) yang menyiapkan pasiennya. Jadi kita tinggal datang sebagai tim medis.

Mengenai cara menuju ke sana, direncanakan seperti ini. Para tenaga medis berkumpul di Apotek Wahdah, BTP paling lambat pukul 7 pagi pada tgl 30 juni 2013. Motornya bisa diparkir di situ. Dari sana, akan ada beberapa mobil yang menjemput dan membawa ke Kariango. (Bisa berubah)

O iya, sebenarnya saya hanya mampu menyediakan 10 alat sirkum set. Pasti banyak kan yg sdh punya alat sendiri. Mohon kebaikannya untuk meminjamkan yah? Bagi yg mau membawa alatnya sendiri, boleh comment di bawah.

Demikian briefing baksos yang pertama. Info selanjutnya akan diupdate.

Dr. Amrizal Muchtar
Makassar, 19 Juni 2013, jam 22.45. (898)

Share Button