Manfaat sunat bagi kesehatan

Share Button

Manfaat sunat sangat baik bagi kesehatan seorang pria. Dengan sunat, maka penis laki-laki menjadi lebih bersih dari sisa-sisa air kencing. Kita tentunya tahu bahwa air kencing adalah air najis atau kotoran yang sering menjadi tempat pertumbuhan bakteri.

Setelah melakukan berkali-kali tindakan sunat, saya jadi tercerahkan tentang begitu benar dan mulianya perintah agama yang satu ini. Manfaat sunat begitu besar bagi pelaksana sunat itu sendiri. Sunat adalah suatu proses memotong kulit yang menutupi kepala penis seorang laki-laki.  Tanpa sunat, proses buang air kecil seseorang akan menyisakan sisa-sisa air kencing di penisnya. Sisa kencing inilah yang akan menjadi tempat tumbuh kembang bakteri pada kelamin seorang laki-laki.

Pada kebanyakan anak dan dewasa yang disunat, selalu ditemukan perlengkatan antara kepala penis dan kulit yang akan dipotong tersebut. Tapi pada anak, biasanya perlengketan itu bisa lepas dengan mudah. Setelah dilepas, biasanya akan ditemukan smegma (bagian yang putih). Beberapa studi telah mengaitkan keberadaan smegma ini dengan kanker penis. Menurut beberapa ahli, smegma kemungkinan berisi komponen yang dapat menyebabkan kanker. Walaupun tidak ada bukti langsung, tapi keberadaannya dalam jangka waktu lama bisa mengiritasi dan membuat penis jadi radang, yang bisa beresiko kepada kanker

manfaat sunat

Sunat dikenal dengan banyak nama. Kadang disebut sirkumsisi atau khitan. Di Amerika, setiap tahunnya sekitar 55-65 % bayi baru lahir disunat dalam 10 hari pertama setelah lahir.

Berikut adalah beberapa manfaat sunat :

1.     * Menjaga kebersihan

Dengan sunat, tentu saja akan membuat seorang pria lebih mudah membersihkan organ intimnya dibanding belum disunat.

2.      *Mencegah infeksi

Dengan bersihnya kelamin pria, berakibat semakin rendahnya kemungkinan infeksi pada penis.

3.      *Mencegah penyakit

Pria yang sudah disunat memiliki resiko lebih rendah untuk tertular HIV dibanding belum disunat. Memang dari segi penjelasan kenapa seperti ini belum jelas. Ini menurut statistic yang dilakukan terhadap para penderita HIV/AIDS.

4.      *Mencegah kanker

Sudah terbukti bahwa pria yang tidak disunat lebih sering terkena kanker penis dibandingkan pria yang disunat. Penjelasannya sudah diterangkan di bagian atas.

Berdasarkan pengalaman saya, ternyata masih banyak pria dewasa yang belum disunat. Alasannya bermacam-macam. Ada yang karena takut dengan jarum suntik. Ada yang “tertipu” dengan dukun-dukun di kampung. Ya, di kampung-kampung banyak dukun yang mengaku bisa sunat tapi ternyata itu hanya sebatas membuat kulit penis berdarah tanpa memotong kulit yang seharusnya dipotong. Ini dikenal dengan” sunat kampung”. Pria yang sudah disunat kampung menganggap dirinya sudah disunat. Pada saat sudah dewasa, barulah mereka sadar kalau ternyata dirinya belum disunat. Rasa malu akhirnya membuat mereka semakin terlambat untuk disunat.

Apakah anda salah satu dari pria dewasa yang belum disunat? Anda bisa menghubungi klinik sunat BTP dan sunat Center Makassar di nomor 08111774435 untuk konsultasi secara gratis. Anda bisa baca info lengkap di sini www.sunatcenter.com

Penulis

Dr. Amrizal Muchtar

Manfaat sunat sejalan dengan ajaran agama

(1298)

Share Button

Comments are closed.